Rabu, 04 Juni 2014

Membuat Pesawat Dengan 3ds Max


Untuk membuat pesawat ZH 47 THE BOMBER dengan 3d STUDIO MAX yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu adalah konigurasi Viewport untuk membantu dalam mempercepat proses pengerjaan. Caranya sebagai berikut
1. Klik view ——-> viewport configuration —————> viewport
2. pilih tampilan seperti gambar 1.3
Gambar1.3 Tampilan Viewport

setelah itu kita akan membuat badan pesawat dengan cara sebagai berikut
1. Buat objek silinder
Create ——> standart primitive —–> cylynder
2. Rotasi ke arah sumbu y sejauh 90 derajat
3. Convert cylynder menjadi Editable poly
Klik kanan —-> convert to editable poly
Pada action selection pilih polygon dan darahkan kursor ke ujung cylynder
Gambar 1.4 silinder
Gambar 1.4 silinder
Gambar 1.5 Silinder yang telah dimodifikasi
Gambar 1.5 Silinder yang telah dimodifikasi
4. Dengan tombol select and squash buatlah ujung tabung tersebut meruncing sehingga kita akan mendapatkan bentuk kepala pesawat
5. Pilih polygon bagian atas dan move ke sumbu z untuk membentuk kocpit
6. Kemudian pilih selection menjadi bentuk vertex
7. Pilih viewport dari TOP
8. Degan menggeser masing masing vertex buatlah bentuk badan pesawat menjadi lebih nyata
Gambar 1.6 tampilan badan pesawat setelah di Vertex
Gambar 1.6 tampilan badan pesawat setelah di Vertex
10. setelah badan pesawat maka kita akan membuat combution cumber untuk engine pesawat dengan cara membuat sylyder dan rotasi ke sumbu y 90 derajat kemudian convert to editable poly. Pilih polygon bagian belakang dan lakukan teknik Extrude untuk mendapatkan bagian exauce yang kelihatan nyata
Gambar 1.7. Badan pesawat
Gambar 1.7. Badan pesawat
Setelah badan pesawat terbentuk maka kita tinggal membuat sayap pesawat dengan langkah sebagai berikut
1. buat sebuah box
isikan length 60 width 50 dan height 2.
2. Convert to editable poly
3. Pilih viewport top
4. Pilih selection menjadi vertex
5. Geser ujung ujung vertex sehingga box tadi akan menjadi bebtuk sayap.
6. Gabungkan badan pesawat dengan sayap

7. Lakukan langkah yang sama untuk membuat rader pada ekor pesawat
Dengan sedikit teknik tambahkan beberapa accecoris seperti roda pesawat, missil serta kocpit tambahan dan berikan efek materialing dan juga tambahkan efek pencahayaan
Setelah semuanya selesai langkah terakhir adalah render pesawat dengan cara
1. Pilih viewport dari perspectiv
2. Randering
3. Rander
4. Save. Pilih format gambar menjadi jpg
Reaksi:

0 komentar :

Poskan Komentar